Menulis dan Tulisan Populer Ramalan Intelijen

27 July 2013 | 10:17 pm | Dilihat : 768

Blog Old Soldier  (www.ramalanintelijen.net)

Blog menjadi salah satu bagian penting dari penulis. Sejak September 2008  penulis aktif menulis di kompasiana.com, hingga kini telah dihasilkan 508 buah tulisan dan mendapat 6.853 buah tanggapan dari kompasianers. Salah satu hal yang bermanfaat dalam menulis setelah seseorang pensiun dan berusia senja adalah tetap aktifnya otak bekerja, menulis artinya juga membaca, melakukan browsing. Day by day penulis mengikuti demikian banyak masalah baik didalam maupun luar negeri, berarti cakrawala pandang semakin luas, lebih khusus lagi terhadap bidang yang memang menjadi dasar pengetahuannya.

Penulis kemudian membuat blog pribadi lainnya yaitu http://ramalanintelijen.net, dimana telah dihasilkan 807 judul artikel. Artikel yang membahas/mengulas baik masalah intelijen, politik, hankam, kedirgantaraan, masalah umum, sosial tersebut rata-rata didasari dengan dasar pemikiran intelijen dimana penulis pernah mengikuti pendidikan dan dilengkapi dengan pengalaman selama aktif bertugas di TNI.

 

Apa sebenarnya manfaat menulis itu?

 

Menurut Brown University danUniversity of Missouri  :

  • Menulis adalah dasar utama dilakukan dalam pekerjaan Anda, keperluan belajar anda dan juga kecerdasan Anda akan dinilai di perguruan tinggi, di tempat kerja, dan di masyarakat.
  • Menulis mengekspresikan siapa Anda sebagai pribadi.
  • Menulis adalah portabel dan permanen. Itu membuat pikiran Anda terlihat.
  • Menulis membantu Anda bergerak dengan mudah di antara fakta, kesimpulan, dan opini yang objektif tanpa anda menjadi bingung dan tanpa membingungkan pembaca Anda.
  • Menulis mempromosikan kemampuan Anda untuk mengajukan pertanyaan berharga.
  • Menulis menumbuhkan kemampuan Anda untuk menjelaskan posisi kompleks untuk pembaca, dan untuk diri sendiri.
  • Menulis membantu orang lain memberikan umpan balik.
  • Menulis membantu Anda memperbaiki ide-ide Anda ketika Anda memberikan umpan balik orang lain.
  • Menulis mengharuskan Anda mengantisipasi kebutuhan pembaca Anda. Kemampuan Anda untuk melakukannya menunjukkan fleksibilitas intelektual dan kematangan.
 

Pendapat lain menjelaskan :

Menulis itu penting karena merupakan bagian dari komunikasi. Anda bisa berkomunikasi dengan orang lain ketika mereka tidak sedang berada didekat Anda atau pada waktu yang berbeda dari Anda. Dengan kata lain, menulis adalah komunikasi melalui ruang dan waktu. Menulis termasuk jenis kegiatan yang ajaib . Kita bisa membaca buku, surat kabar, atau bahkan surat pribadi yang ditulis dua atau tiga ratus tahun yang lalu. Orang yang berada sepuluh ribu mil jauhnya dari kita, sekarang juga dapat membaca apa yang kita tuliskan.

Seratus tahun dari sekarang, seseorang bisa membaca sesuatu yang Anda atau saya tuliskan pada hari ini. Oleh karena itu selama kita yakini bahwa menulis adalah bagian dari ibadah kita, maka sesuatu yang kita tuliskan apabila bermanfaat bagi orang lain, selama ilmu itu dibaca orang lain, itu  merupakan bagian dari pahala kita, hingga kapanpun. Inilah salah satu keyakinan dari old soldier. Oleh karena itu, menulislah dengan hati yang bersih dan dengan niat yang baik, untuk meraih pahala sebagai salah satu bekal di akhirat nanti.

Pada akhirnya, menulis adalah suatu bentuk komunikasi. Semua orang faham jenis menulis untuk tujuan menghibur, tetapi menulis juga digunakan sebagai sarana untuk mengomunikasikan deskripsi, informasi, evaluasi, memberi inspirasi kepada pembaca, dan bisa juga merupakan sebuah solusi untuk menyelesaikan sebuah masalah.

 

Pengunjung dan Tulisan Populer di Blog Ramalan Intelijen

 

Pengunjung Blog

Sejak penulis mengaktifkan blog ramalanintelijen pada bulan Juni 2011, hingga saat artikel ini ditulis  tercatat dikunjungi oleh 236.312 netters. Pengunjung terbanyak diantaranya, dari Indonesia (106.674), USA (10.044), Pengunjung tidak terdeteksi (by HP/Ipad, 9.877), Malaysia (1.922), Germany (1.590), China (829), Japan (741), Ukraine (701), Australia (693), Singapore (517), Republic of Korea (395), Canada (394), Norway (382), Saudi Arabia (340), UK (319), Russian Federation (313), Iceland (256), France (255), Netherland (233), Taiwan (189).

 

Tulisan Populer

Berikut daftar artikel yang urut terbanyak dikunjungi :

 

Demikian informasi tentang perkembangan blog Ramalan Intelijen. Untuk di Kompasiana artikel penulis yang paling banyak dikunjungi adalah "Australia makin Gundah dengan Modernisasi Alutsista TNI AU" ditayangkan tanggal 02 May 2013 pukul 11:12,   Dibaca oleh : 44.428 pengunjung. Dengan link : http://hankam.kompasiana.com/2013/05/02/australia-makin-gundah-dengan-modernisasi-alutsista-tni-au-556689.html.

Salam untuk para pembaca blog dari Pray, semoga anda tetap menyukai dan setia mengunjungi blog Old Soldier baik di Kompasiana maupun Ramalan Intelijen.

 

 

 

 

 

Prayitno Ramelan, Marsda TNI (Pur), Mantan Penasihat Menhan RI, www.ramalanintelijen.net

 

           
This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.