Idul Fitri, Sepertinya Minggu, 20 September

15 September 2009 | 11:03 am | Dilihat : 89

Ada lagu, puasa sebentar lagi...itu artinya sebentar lagi umat Islam akan mengakhiri pelaksanaan ibadah  seperti yang diharuskan pada rukun Islam yaitu berpuasa pada bulan Ramadhan. Setelah mengakhiri Ramadhan, maka kita akan merayakan  hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1430 Hijriyah. Dalam melaksanakan ibadah tersebut, terdapat beberapa kepercayaan dalam menentukan tanggal mulainya puasa dan kapan mengakhirinya. Beberapa tahun yang lalu, keputusan pemerintah sering berbeda dengan keputusan PP Muhammadiyah, sering berbeda sehari. Tetapi nampaknya kini mulai ditemukan kebersamaannya. Bangsa Indonesia selalu ikhlas menerima perbedaan ini dan tidak menjadikannya polemik, karena kita menyadari yang namanya ibadah kepada Allah kenapa harus di polemikkan? Jelas berbeda kalau kita  membahas politik, dimana polemik adalah pemanis. Nah mari kita lihat bagaimana pendapat  PP Muhammadiyah dan Menteri Agama dalam penetapan Idul Fitri itu,  yang umumnya disebut Lebaran itu.

PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa Idul Fitri 1 Syawal 1430 H jatuh pada hari Minggu tanggal 20 September 2009. Keputusan tersebut dicantumkan dalam maklumat PP Muhammadiyah No. 06/MLM/I.o/E/2009 tanggal 23 Juli 2009, tentang Penetapan 1 Ramadhan, 1 Syawal, dan 1 Zulhijah. Penetapan berdasarkan sidang hasil hisab Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah di Yogya tanggal 11 Juni 2009. Dalam hal ini keputusannya mengacu pada hasil hisab (perhitungan) kalender.

Sementara Sekjen Departemen Agama Bahrul Hayat mengatakan bahwa kepastian hari raya Idul Fitri masih menunggu hasil Rukyatul hilal yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Nopember 2009. "Hasil Rukyatul Hilal ini kemudian dilaporkan dalam sidang itsbat atau penetapan bersama Depag" katanya. Kepala Lajnah Falakiah Nahdlatul Ulama Ghazaliie Masrurie menyampaikan bahwa berdasarkan visibilitas pengamatan, hilal sudah mencapai ketinggian 5,38 derajat diatas ufuk. Hilal dalam ketinggian ini sudah mungkin untuk dirukyah. Ditegaskannya "Jika dapat dirukyah maka dipastikan sidang itsbat akan menetapkan Ramadhan hanya 29 hari dan 1 Syawal jatuh pada 20 September 2009." Namun, kemungkinan lain bisa terjadi, jika hilal tidak terlihat, misalnya karena tertutup awan, maka akan dipakai kaidah istikmal atau penyempurnaan bulan Ramadhan menjadi 30 hari, sehingga 1 Syawal akan jatuh pada hari berikutnya, Senin 21 September 2009, demikian jelas Ghazalie.

Menteri Agama Maftuh Basyuni menyampaikan kemungkinan tahun ini hari raya umat Islam akan dirayakan secara bersamaan oleh semua aliran. Artinya Idul Fitri kemungkinan akan ditetapkan sehari lebih awal dari tanggal yang tercantum pada kalender Masehi. Alasan Maftuh, pemerintah memperkirakan hilal sudah berada diufuk tiga sampai lima derajat pada 19 September. "Kecuali ada mendung, sehingga hilal tidak terlihat" katanya. Sidang itsbat akan dilaksanakan tanggal 19 September 2009, pukul 16.30 WIB. Lebih lanjut Menag menyampaikan di gedung DPR, Senin (14/9) "Mudah-mudahan sama dengan Muhammadiyah."

Nah, artinya umat Islam di Indonesia harus lebih bersiap-siap bahwa Idul Fitri kemungkinan besar akan ditetapkan pemerintah pada hari Minggu 20 September 2009. Bagi para pemudik, pembuat ketupat, pembuat kueh, panitia penyiap  sholat Idul Fitri, nampaknya harus mengantisipasi hal ini. Apabila Idul Fitri ditetapkan hari Minggu, tanpa melanggar ketentuan dan kepercayaan, maka kita patut bersyukur, karena sebagai bangsa Indonesia kita akan ber "Lebaran" bersama. Agak kurang enak rasanya kalau berlebarannya berbeda. Kita yang masih puasa sudah mendengar takbir bersahut-sahutan. Marilah kita berdoa, agar pada tanggal 19 September sore itu Allah mengijinkan bulan sabit itu tidak tertutup awan. Insya Allah, semoga Allah SWT memberikan ridhoNya kepada kita sekalian, Amin. Walaupun agak mendahului, penulis pada kesempatan ini memohon maaf kepada bloger, kompasianers, penanggap dan pembaca, "Maapin Kalo ade Sale-sale Kate." Salam hangat.

PRAYITNO RAMELAN, Guest Blogger Kompasiana

Sumber: http://edukasi.kompasiana.com/2009/09/15/idul-fitri-sepertinya-minggu-20-september/ (Dibaca: 2333 kali)

This entry was posted in Umum. Bookmark the permalink.